Ads 468x60px

Membuat Animasi Sederhana di Flash CS5



Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat animasi biker sederhana di Flash CS5 dengan efek hujan salju di latar belakang. Tutorial ini akan mengajarkan cara membuat frame, keyframes, frame kosong & Motion Tween. Anda juga akan belajar bagaimana menggunakan Deco Tool untuk menciptakan efek salju jatuh sederhana.

 Kita akan belajar cara membuat nimation tha Anda lihat di atas. Mari kita mulai!
Buka file FLA

1. Unduh & Unzip tut_files.rar tersebut.

2. Pilih File> Open dari menubar utama, jendela Open akan ditampilkan.

3. Pilih file start.fla dari jendela Open dan pilih tombol Open, file yang akan digunakan dalam tutorial ini dibuka.

Secara default, biker ditempatkan di area inti, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


4. Selanjutnya, pilih File> Impor> Impor ke Tahap dari menubar utama, jendela Impor ditampilkan. Arahkan ke folder yang Anda download dan pilih file background.psd. Pilih Buka untuk mengimpor, Impor "background.psd" ke jendela tahap ditampilkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

*. psd adalah ekstensi file untuk file photoshop. Dalam Flash CS5, Anda dapat mengimpor file photoshop langsung ke panggung.

5. Pilih left_tree dari kiri atas jendela ini, parameter yang sesuai akan ditampilkan di sebelah kanan.

6. Selanjutnya, pilih opsi loseless dari daftar drop-down Kompresi di daerah Pengaturan Publish.

Tip! Pilihan loseless mempertahankan kualitas sementara penerbitan animasi akhir.



6. Demikian pula, menetapkan parameter yang sama untuk front_tree dan ikon latar belakang. Sekarang, pilih tombol OK; gambar yang diimpor ke area terentu seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.

7. Pilih Window> Timeline dari menubar utama jika panel TIMELINE tidak ditampilkan.

Lapisan bernama biker adalah di bagian bawah semua lapisan dalam panel Timeline.

8. Pilih layer biker dan drag di atas lapisan bernama background, biker akan bevisible di area inti, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.


Menambahkan Motion Tween untuk Biker tersebut

1. Pilih klip biker film dari area panggung dan memindahkannya ke kiri, keluar dari area panggung, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

Klip video biker dipindahkan di sebelah kiri, keluar dari area panggung, sehingga sementara penerbitan animasi akhir biker muncul untuk masuk ke panggung setelah selang waktu 2-3 detik.

2. Pilih keyframe di depan lapisan biker di panel TIMELINE. Pastikan keyframe yang dipilih dan klik kanan di atasnya, sebuah flyout ditampilkan. Pilih Create Motion Tween dari flyout, yang tween gerak ditambahkan ke Timeline dalam lapisan biker, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

Anda dapat mengidentifikasi bahwa lapisan tertentu memiliki tween gerak ditambahkan ke dalamnya dengan simbol berbentuk kotak di depan nama layer dan warna latar belakang biru dari lapisan tertentu di timeline.

Setiap kali Anda menambahkan tween gerak untuk lapisan, jumlah frame ditambahkan dalam timeline akan memainkan animasi selama 1 detik. Untuk misalnya, jika frame rate diatur ke 24fps (frame per detik), jumlah frame tambah willl menjadi 24 jumlahnya. Anda dapat melihat frame rate default atau mengubahnya dari bawah timeline, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.




3. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih frame paling kanan dari lapisan biker. Tekan dan tahan tombol kiri mouse di atasnya dan tarik ke frame 160.

4. Selanjutnya, pilih klip biker film dari area panggung. Tekan dan tahan tombol SHIFT dan tarik klip video ke kanan, keluar dari area inti, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
 

Garis berwarna hijau dibuat merupakan jalur motion tween untuk klip video biker. Warna jalur motion tween mirip dengan warna kerangka dari lapisan dalam panel Timeline.

5. Tekan dan tahan tombol CTRL dan pilih frame kosong untuk left_tree, front_tree, dan lapisan latar belakang pada frame 160, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah. Selanjutnya, tekan tombol F5 dari keyboard untuk menambah keyframes kosong di timeline untuk lapisan yang dipilih.
 intipanggung. Hal ini sangat, sebagai lapisan lain kecuali lapisan biker tidak memiliki frame bingkai sampai 160. F5 menambahkan keyframes kosong yang memiliki konten yang sama seperti lapisan pertama dari lapisan masing-masing.

6. Tekan ENTER untuk melihat tween gerak di area panggung. Jika animasi bekerja tekan CTRL + ENTER untuk mempublikasikan animasi, sebuah jendela baru menampilkan gerakan yang ditampilkan, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
 


 



Mengatur Kecepatan Motion Tween

1. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih motion tween jalan berwarna hijau untuk klip video biker.

2. Pilih Window> Properties dari menubar utama untuk menampilkan panel PROPERTI, jika belum ditampilkan.

3. Mengatur nilai Kemudahan di daerah NYAMAN ke -100.

Tip! Pelonggaran adalah proses untuk mengontrol motion tween dalam sekejap. Pelonggaran dapat lebih diklasifikasikan menjadi Kemudahan Di dan Kemudahan Out. Dalam Kemudahan Dalam, gerak dimulai perlahan, sebelum memperoleh kecepatan seiring waktu berjalan dengan nilai positif dan Kemudahan Out, hal itu terjadi justru sebaliknya dengan nilai negatif.

4. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk menerbitkan efek mengurangi dalam animasi gerak tweened.

Biker dimulai perlahan dan bertahap mempercepat karena berlangsung sampai akhir, Anda juga dapat melakukan sebaliknya dengan memasukkan nilai kemudahan positif.
Menambahkan Partikel Salju di Scene

1. Pilih lapisan biker dari panel TIMELINE dan memilih ikon New Layer di bagian kiri bawah panel. Ubah nama layer baru sebagai snow_1.

2. Pilih Lihat> Rulers dari menubar utama untuk menampilkan penanda penguasa di tepi area flash.

3. Selanjutnya, pilih Tool Deco dari panel Tools dan kemudian memperluas panel SIFAT.

4. Sekarang, pilih opsi Sistem Partikel dari Vine daftar drop-down berlabel Isi di daerah EFEK GAMBAR, pilihan Partikel Sistem akan ditampilkan pada panel PROPERTI, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

5. Mengatur warna Partikel 1 dan Partikel 2 menjadi putih dengan memilih kotak berwarna hitam di bawah tombol Edit di daerah EFEK GAMBAR, lihat gambar di bawah untuk referensi Anda.
 
3. Selanjutnya, memperluas wilayah PILIHAN ADVANCED jika tidak secara default. Mengatur nilai berikut di daerah ini:

Jumlah Panjang = 160 Generasi Partikel = 160

Tingkat per frame = 3 Rotasi rate = 180

4. Tekan CTRL + - untuk zoom out dari tampilan saat ini dan klik di atas area panggung dekat slider horisontal ditandai 200, partikel yang dihasilkan sampai 160 bingkai.

5. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard, sebuah jendela baru akan ditampilkan dan menunjukkan generasi partikel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.


Partikel-partikel yang dihasilkan hanya di sebelah kiri area adegan. Untuk memungkinkan generasi partikel pada seluruh adegan kita perlu membuat satu sistem partikel lebih

6. Pilih lapisan front_tree dari panel TIMELINE dan memilih ikon New Layer di bagian kiri bawah panel, lapisan baru dibuat. Ubah nama layer ini untuk snow_2.

7. Pilih Alat Deco dari panel Tools dan mengatur properti pada panel SIFAT seperti yang dibahas dalam langkah 3.
8. Membuat sistem partikel di sebelah kanan area panggung di mana tidak ada partikel yang dihasilkan sebelumnya.

9. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk melihat gerakan animasi tween akhir, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Selamat Mencoba teman..
Good Luck
by Be-Walker

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Sample text

Sample Text

Anto Walker] Anto Walker] Anto Walker]

Sample Text