Breaking News

Saluran Youtube Bisa Dikelola Dengan Multi Akun


Saluran Youtube kini bisa dikelola multi akun, Youtube telah menyediakan fitur penggelola saluran hingga lima puluh akun Google plus berbeda.
Meningkatnya pengguna dan pengelola video Youtube, tampaknya telah membuahkan ide untuk menciptakan saluran bersama. Dimana dalam satu saluran Youtube diperbolehkan menambah akun Google lain. Isu yang beredar bahwa saluran Youtube bisa dikelola sekitar 50 akun Google plus berbeda.

Multi Akun Satu Saluran Youtube

Kabar gembira bagi Anda yang memiliki akun atau saluran Youtube, kini telah tersedia fitur pengelolaan multi akun Google. Pembaharuan ini resmi diluncurkan pada 10 April lalu dimana pemilik saluran Youtube bisa memasukkan akun Google plus lain ataupun Google page (Use a Google+ Page Identity on YouTube (Beta) )
Tentu saja ini sangat berpengaruh pada pengelola video, dimana akun yang terkait bisa digunakan sebagai wadah video monetasi dan merekrut admin sendiri. Fitur ini masih tersedia dalam versi Beta, beberapa keuntungan menggunakan layanan selain bisa mengganti nama saluran yang telah ada sesuai nama akun Google plus ataupun Google Page, juga sangat memungkinkan membuat siaran langsung melalui fitur Hangout dan tab Youtube dihalaman Google plus. Kemungkinan besar dalam beberapa minggu kedepan Youtube juga akan merilis update terbaru, tapi belum bisa dipastikan pembaharuan apa saja yang akan dirilis.
Cara menambahkan akun pengelola saluran Youtube sangat mudah, silahkan masuk ke halaman Setelan Youtube. Nantinya akan muncul pilihan Hubungkan dengan akun Google plus Page. Dari sini akan muncul tampilan jendela baru dimana kita bisa memilih akun Google plus apa saja yang bisa terkoneksi, termasuk Google Page. Kita juga bisa memilih membuat halaman baru Google plus khusus untuk mengelola saluran Youtube, tampilannya bisa dilihat dibawah ini.

Tapi kita harus ingat, bahwa Youtube memberi batas waktu selama 14 hari untuk merubah koneksi akun sebelum layanan ini menutupnya secara permanen. Jadi perhatikan baik-baik sebelum memilih akun, karena hal ini juga akan berimbas pada nama saluran Youtube yang hanya bisa diganti dari akun Google plus. Gunakan batasan waktu ini untuk mengatur dan mengundang akun yang benar-benar serius untuk mengelola video. Soal upload video juga gampang, bisa menggunakan email yang diberikan khusus ataupun melalui aplikasi mobile.
Youtube tampaknya terus meningkatkan layanan video, dimana saat ini penggunggah dan penonton tayangan Youtube semakin meningkat. Kita bisa melihatnya dari beberapa saluran terkenal di Indonesia, mulai dari film Indonesia terkini hingga terjadul, semuanya ada di Youtube. Banyak saluran khusus bermunculan, bahkan Uncalno sudah membuat saluran khusus untuk berbagi informasi seputar video populer di Youtube, silahkan subscribe Uncalno disini.
Mengapa Youtube merilis pengelolaan akun bersama (multi akun)? Sekarang kita lihat saja, dimana pengguna perorangan juga membuat saluran tersendiri, bukan sebagai akun pribadi. Dan menurut saya ini adalah langkah Youtube untuk mengantisipasi bertambahnya saluran baru dan memungkinkan administrasi bersama. Memang pada dasarnya untuk mengelola saluran Youtube dibutuhkan beberapa orang, dan sayangnya kebanyakan mereka tidak bisa ‘bersepakat’ karena harus menggunakan satu akun, apalagi akun ini terkait dengan monetasi.
Nah, sekarang kalau kalian memiliki ide besar untuk membuat update feed (umpan) Youtube sesering mungkin, kini bisa mengajak rekan sebagai pengelola saluran. Tak tanggung-tanggung lho,…. akun yang diundang bisa mencapai lima puluh orang. Anggap saja masing-masing pengelola mendapat giliran upload video sekali dalam sebulan, dalam dua bulan sudah ada seratus video, dijamin banyak yang subscribe :)
Feature image YouTube sign in San Bruno, CA credit by jm3.


Anto Walker

1 komentar:

Designed By Published.. Smart Templates Anto-Be Walker